-->






Iklan

Sari kurma bermanfaat bagi penderita stroke dan jantung

Manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh terutama penderita stroke dan jantung atau manfaat buah kurma untuk penyakit stroke dan jantung.
Sari kurma sangat baik dan bermanfaat bagi orang yang menderita gejala stroke dan jantung.
Berawal dari pengalaman saya merawat ibu yang sedang terkena gejala stroke setelah dari waktu ke waktu saya mendapat kan informasi bahwa sari kurma sangat baik untuk penderita stroke dan jantung.

manfaat buah kurma untuk stroke dan jantung

Perlu di ketahui bahwa penyakit stroke sangat sulit dan lama di obatinya serta sangat mahal obat dan perawatan nya (ini pengalaman saya merawat ibu saya sendiri) jadi bagi para pembaca disini bisa untuk mengambil sisi positif untuk anda sendiri dan keluarga anda.
Ingat pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati (pepatah ini sangat benar sekali).

Buah kurma yang berasal dari negara timur tengah ini sangat digemari masyarakat dunia termasuk Indonesia.
Kurma adalah buah kering yang memiliki rasa manis.
Kandungan dari Buah kurma diantara nya ada kandungan mineral, vitamin A vitamin K kompleks, vitamin B, vitamin B6, zat besi, mangan, magnesium, kalsium dan  seng.
Kesemua kandungan dari buah kurma tersebut sangatlah baik sekali untuk memberikan asupan yang dibutuhkan oleh tubuh kita terutama bagi penderita stroke dan jantung

Sedikit ulasan hal kandungan yang ada di dalam buah dari kurma :
- Sari kurma bisa Menurunkan kolesterol
Serat buah kurma bisa Menurunkan kolesterol,dan dapat mencegah obesitas penyakit jantung dan kanker kolorektal
Hanya satu biji buah kurma saja sudah mengandung serat 1,6 g atau 6 persen dari asupan harian tubuh yang dianjurkan.
Hasil penelitian dari Critical Reviews in Food Science and Nutrition edisi tahun 2008 dijelaskan bahwa serat yang terdapat dalam buah kurma terutama adalah serat larut, yang berkhasiat mengikat lemak serta kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh kita.

- Sari Buah kurma mengandung  kalium dan dari kandungan kalium ini berkhasiat untuk menurunkan resiko serangan stroke

- Menjaga kesehatan sistem saraf
Kandungan vitamin yang terdapat di dalam buah kurma berguna untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem saraf.
Potassium adalah salah satu bahan utama dalam mempromosikan sistem syaraf yang sehat dan responsif, serta meningkatkan kecepatan dan kesiagaan aktivitas otak.
Maka dari itu sari buah kurma merupakan sumber makanan yang baik bagi orang-orang yang mulai menua dan daya sistem saraf yang mulai menurun.

- Menurunkan resiko penyakit jantung
Serat dalam sari buah kurma selain berkhasiat menurunkan kolesterol juga dapat menurunkan tingkat trigliserida (lemak dalam darah yang lain) , seperti yang sudah di laporkan hasil penelitian dari Journal of Agricultural and Chemistry edisi 9 september 2009 yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah kurma dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah hingga sebesar 8 sampai 15%.

Sementara penelitin menurut National Institutes of Health dapat mengurangi tingkat trigliserida dalam darah yang berarti juga menurunkan resiko pengerasan pembuluh darah (ateroklirosis), serangan jantung dan stroke.

- Menjaga kesehatan jantung
Mengkonsumsi buah kurma dengan cara buah kurma direndam semalaman terlebih dahulu lalu di tumbuk baru di makan makan sari buah kurma ini bisa menguatkan jantung (untuk penderita lemah jantung)

- Aman bagi penderita diabetes
Meskipun buah kurma mengandung gula alami yang tinggi akan tetapi sari buah kurma memiliki indeks glikemiknya yang rendah hal ini yang tidak signifikan dapat meningkatkan kadar gula darah
Dengan catatan mengkonsumsi  buah kurma jangan di campur/jangan ditambah dengan gula.

Seperti penelitian yang sudah di lakukan oleh Nutrition Journal pada 28 Mei 2011 melaporkan hasil sebuah studi mengkonsumsi kurma yang diuji pada penderita diabetes. Studi ini menunjukkan walau kurma mengandung gula alami yang tinggi, namun kurma sebenarnya memiliki indeks glikemik rendah, dan tidak secara signifikan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah dimakan. Tentunya kurma harus yang tanpa tambahan gula.

-Buah kurma atau sari buah kurma juga mengandung sumber potassium, hal sumber potassium yang kaya ini sudah ada penelitian bahwa potassium dapat mengurangi resiko terkena serangan stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung.

Dengan sering mengkonsumsi buah kurma bisa sebagai cara yang menyehatkan untuk mengurangi tingkat kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke.
Oleh sebab itu jika mengkonsumsi buah kurma 2 kali seminggu dapat menjaga kesehatan jantung secara signifikan.

Demikian cerita pengalaman saya merawat orang stroke dan berbagai ilmu yang saya dapat dari sanak saudara serta berbagai konsultan kesehatan maka disimpulkan bahwa manfaat buah kurma sangat baik untuk penderita/penyakit stroke dan jantung.
Salam...

Komentar

Tampilkan

2 comments:

  1. Bener banget gan, sari kurma memiliki berbagai manfaat luar biasa untuk kesehatan, apalagi buat anak-anak yang sedang masa pertumbuhan, cocok banget dikonsumsi tiap hari.

    Saya juga posting manfaat sari kurma untuk meningkatkan trombosit loh gan, bisa dicek disini Manfaat sari kurma untuk menaikkan trombosit

    ReplyDelete
  2. iya sama-sama gan... semoga bermanfaat,terimakasih..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mengunjungi jasa setting Website / Jasa Pembuatan Website www.jasa-website.web.id semoga bermanfaat , kontak 081399167240

Komputer

+