-->






Iklan

Larangan-Larangan Sebelum Mandi Junub

Larangan sebelum mandi junub (mandi wajib) orang yang belum mandi wajib (mandi besar) bisa di sebut juga sedang junub oleh karena itu segeralah mandi junub atau mandi wajib , karena dalam agama islam jika seseorang masih dalam keadaan junub maka ada larangan untuk melakukan beberapa hal , maka dari itu sekali lagi segeralah untuk mandi junub supaya anda tidak terlalu lama membuang kesempatan untuk beribadah (mencari amal) untuk bekal nanti di akirat.

Larangan sebelum mandi junub/mandi besar

Dalam panduan ini saya akan memberikan atau mengabarkan ajaran-ajaran syariat islam yaitu Larangan sebelum mandi junub atau larangan sebelum mandi wajib, dan untuk bagaimana doa mandi junub silahkan di buka panduan Doa dan Tata Cara Mandi junub.
Kenapa harus mandi junub atau mandi besar , karena jika belum mandi junub maka dalam tubuh dan jiwa anda masih terdapat hadats besar (najis) , sehingga untuk mensucikan diri harus mandi junub.

Untuk Larangan-Larangan sebelum mandi junub ini di muat dalam AL Quran dan dikisahkan juga dalam Al Hadist yang di antaranya sebagai berikut :

Dalam Al-Qur’an Larangan sebelum mansi junub termuat dalam Surat An-Nisa Ayat 43:

Yang Artinya :
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi.”
( Surat An-Nisa : 43).

 Dan Nabi Muhamad SAW Juga Bersabda tentang larangan sebelum mandi junub :
"Janganlah perempuan yang sedang haid atau orang yang sedang junub membaca sesuatu dari Al-Quran,”
(HR Tirmidzi: 131).

Nah.. hal Larangan-larangan sebelum mandi junub untuk melakukan berbagai ibadah sudah lengkap termuat dalam kitab suci al quran dan di lengkapi dengan sabda Nabi Muhamad saw , Maka hendaknya kita sebagai umat islam jika kita sedang junub maka segeralah untuk menghilangkan hadats besar dan hadats kecil dengan mandi junub/mandi wajib/mandi besar.

Berikut ini hal-hal yang di larang sebelum mandi junub

1.Dilarang menyentuh dan Membaca Al-Qur’an
2.Dilarang Melakukan Sholat Wajib Maupun Sunnah
3.Dilarang Berdiam Diri Di Masjid atau I’tikaf
4.Dilarang Berpuasa Wajib Maupun puasa Sunnah
5.Dilarang Thawaf (salah satu rukun haji) Larangan ini untuk wanita yang sedang haid dan nifas.

Hal ini Termuat dalam Hadist Nabi yang di ceritakan Bahwa ketika Bunda Aisyah akan umroh dan tiba-tiba haidh , Maka Nabi Muhamad (Rasulullah) Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

ثم حجي واصنعي ما يصنع الحاج غير أن لا تطوفي بالبيت ولا تصلي

“Kemudian berhajilah, dan lakukan apa yang dilakukan oleh orang yang berhaji kecuali thawaf dan shalat.” (HR.Al-Bukhary dan Muslim, dari Jabir bin Abdillah)

Pengertianya adalah jika perempuan sedang haid boleh melakukan ibadah haji hanya saja tidak boleh untuk melakukan Thawaf (Thawaf ini Rangkaian dalam menunaikan Haji ) dan juga tidak boleh shalat

6.Terlarang untuk Ditalak atau Dicerai (bagi kaum perempuan)
Jadi Kaum lelaki misalnya mau men talak istrinya , jika istrinya sedang junub maka hendahnya di tunggu sampai selesai junub nya. ( tapi ingat ya... allah swt tidak melarang perceraian akan tetapi allah sangat membenci perceraian)

Demikianlah Tausiah Hari ini tentang Larangan sebelum mandi junub (mandi besar) jika ingin mengetahui Doa Mandi junub silahkan di buka Halaman Doa Mandi junub dan Tata Cara Mandi junub.
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi jasa setting Website / Jasa Pembuatan Website www.jasa-website.web.id semoga bermanfaat , kontak 081399167240

Komputer

+