-->






Iklan

Cara Modifikasi Motor Supra Menjadi 6 speed

Cara Modifikasi speed motor supra menjadi 6 speed (6 kecepatan/6 perseneleng)
Perlu diketahui bahwa motor bebek saat ini mayoritas perseneleng nya (giginya) hanya ada 4 speed termasuk motor honda supra.
Jika anda salah satu dari orang yang hoby utak atik motor maka cara menambah speed motor supra menjadi 6 speed ini bisa anda coba.

cara menambah speed supra jadi 6 speed

Mengubah motor yang memiliki 4 speed misalnya seperti motor supra x 100 cc menjadi 6 speed memang sesuatu hal yang keren/menarik karena untuk menambah speed atau kecepatan motor banyak caranya , seperti hal nya dalam balap liar sah sah saja apalagi regulasi motor balap liar itu namanya juga balap liar jadi yang penting tancap gasss...

Oleh karena itu biar bisa bertarung dengan motor sejenis atau beda varian, orang melakukan trik yang bisa dikatakan fenomenal. Pasalnya tuner motor drag resmi sukses menggarap Honda Supra X 100 jadi 6 speed atau 2 gigi lebih banyak dari standarnya. Fantastis bukan ?.

Cara pengerjaan menambah speed honda supra menjadi 6 speed :
 
Banyak mekanik baru bisa melakukan ubahan ini hanya sampai pada tahap 5 speed atau naik 1 gigi. Sementara motor berkapasitas silinder murni 97 cc itu masih bisa tambah 2 gigi lagi. Bagaimana dengan crankcase dan silinder. Apakah mengalami perubahan yang ekstreme?

Supra X memang bisa diubah alami, penambahan gigi girboks di imbangi pembesaran di ruang crankcase, ubahan ini tak sekadar atur ulang lubang dudukan ke 2 poros pegangan gigi rasio , Tapi dengan susunan gigi rasio lebih banyak dan panjang, maka ruang bak mesin diperbesar dengan cara menambah paking aluminium setebal 3 mm di antara blok tengah.

Otomatis tebal paking yang memperluas ruang bak mesin sehingga memudahkan menyusun masing-masing perbandingan gigi. Mulai dari gigi 1 sampai 6 hasil kanibal dari masing-masing merek, kemudian disusun di dalam as gir boks.

semuanya pakai perbandingan gigi lebih ringan. Dimulai dari gir primer-sekunder dengan perbandingan (17/67) , Lalu gigi satu rasionya (14/47), 2 (17/33), 3 (24/28), 4 (25/24), 5 (23/26) dan gigi ke 6 (25/25).

kemudian sebagai penyeimbang ubahan di bak girboks, atur ulang posisi batang stut kopling agak pendek karena rumah kopling makin maju ke bak mesin. selain mengatur ulang posisi baut penggangan mesin di rangka, bila crankcase sebelah kanan itu diambil dari motor Cina (Mona). Karena pompa oli jadi satu alias enggak terpisah seperti punya Supra X yang batang pompa olinya melintang di lubang setang piston.

Dari situ bisa di isi gigi 6 speed. Dan keuntungannya setelah ruang bak girboks lega, volume silinder bisa dibore up lebih besar lagi dan tidak cuma mentok pakai piston Kawasaki Kaze.

saat ini memakai silinder blok dan head Yamaha Jupiter-Z. Sedang piston pakai punya Tiger 2000 oversize 200 diameter 65,5mm di setang piston Kawasaki ZX130. Stroke naik 5 mm setelah adopsi kruk-as Honda Karisma.

Tapi posisi baut pegangan mesin mesti diatur ulang, terutama ke-4 lubang ulirnya. Dan yang paling banyak digeser adalah jarak baut ke atas. Karena tidak diganjal paking seperti blok tengah,dan kaki piston Tiger mesti dipotong biar nggak mentok ke setang piston.

 Demikian cara merubah/ menambah gigi supra dari 4 speed menjadi 6 speed , selamat bereksperimen , awas hati-hati pelan-pelan semoga berhasil, go...
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi jasa setting Website / Jasa Pembuatan Website www.jasa-website.web.id semoga bermanfaat , kontak 081399167240

Komputer

+