-->






Iklan

Berahklak baik akan menyempurnakan iman

Berahklah baik akan menyempurnakan iman, berakhlak baik tidak harus orang yang berilmu tinggi. Tapi berakhlak baik adalah cerminan dari orang yang berilmu tinggi.
seseorang beraklah dengan baik tidak akan rugi dan tidak juga merugikan orang lain, bahkan dengan kita beraklah baik maka akan membuat situasi/lingkungan enjadi teduh/damai sehingga kita umat islam bisa menjalankan perintah-perintah allah swt bisa dengan khusus sehingga Aklah yang baik akan menyempurnakan iman kita..

aklak yang baik menyempurnakan islam

Kadang kala kita melihat seseorang membentak orang tuanya sendiri /guru atau orang yang lebih tua darinya. Seringkali pula ilmu hanya digunakan sebagai ajang menyombongkan diri /pamer dan punya ilmu digunakan hanya untuk menipu , pamer bahkan ilmu hanya digunakan untuk berdebat tanpa memberi solusi.

Pentingnya Adab (Beradab)

“Pelajarilah adab sebelum kamu mempelajari ilmu,” demikianlah Imam Ahlul Madinah, Imam Malik bin Anas berwasiat.
Imam Malik ingin menekankan kepada murid-muridnya, termasuk ummat Islam untuk beradab sebelum menuntut ilmu. Sehingga banyak manfaat yang akan seorang muslim dapatkan tatkala ia mengambil ilmu dari gurunya.

“Adab adalah melatih diri dengan budi pekerti dan akhlaq yang mulia. dan Rasulullah shallallaah ‘alayhi wa sallam lah orang yang paling beradab dan memiliki akhlak yang mulia,”  sehingga kita sebagai kaum muhamad kita harus bisa mencontoh dengan beraklak yang baik dalam sehari-hari ke siapaun itu, karena beraklak baik tidak akan merugikan diri apa lagi merugikan orang lain.

Sebagaimana diriwayatkan dari Abul Jauza` dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma, “Allah tidaklah menciptakan jiwa yang lebih mulia dari jiwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan tidaklah Allah Ta’ala bersumpah dengan kehidupan seorang pun kecuali dengan kehidupan beliau.”

Adab sangat penting dalam kehidupan ini, baik itu kehidupan secara individu, keluarga maupun bersosial masyarakat. dan yang lebih penting lagi adalah adab kepada Allah dan Rasul-Nya. Termasuk padanya saat mempelajari ayat-Nya dan hadits Rasul-Nya.

Dengan adab seorang muslim yang sejati akan menjadi mulia dihadapan Allah dan Rasul-Nya, pun dihadapan manusia.

Bahkan Allah subhaanahu wa ta’aala menjadikan akhlak yang baik sebagai barometer sempurnanya iman seorang hamba. Rasulullah shallallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda:

“Kaum Mukminin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaqnya.” (HR. At-Tirmidzi).

Lantas, urgensi adab adalah untuk menangkis perbuatan-perbuatan buruk. Dimana saat ini banyak kejadian, saat akhlak terpuji telah tertanggalkan dari sebagian besar ummat sekarang ini. Yang muda tak lagi menghormati yang tua. Yang tua tak lagi begitu sayang pada yang muda. Kriminalitas tak hanya terlihat di jalanan., akan tetapi kriminal sudah masuk ke rumah-rumah atau di lingkungan sekitar kita seperti yang terlihat di televisi atau di gadget

Maka, sudah saatnya ummat ini kembali pada apa yang dinasehatkan oleh para ulama salaf (generasi awal), “Pelajari adab dan perbaiki akhlak.” Dengan demikian generasi ummat ini akan lebih santun dalam berucap dan lebih sopan dalam bertindak walau ia berilmu tinggi.

Ilmu Amunisi Akhlak
Tak dapat dipungkiri, ilmu merupakan hal yang lazim dibutuhkan bagi setiap Muslim. Karena Islam adalah agama ilmu, tanpa ilmu seseorang tidak akan dapat menjadi Muslim sejati. Karenanya Rasulullah shallallaah ‘alayhi wa sallam pernah mengatakan bahwa :

 “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim.” (HR. Muslim).

Dengan ilmu seseorang paham bagaimana Tuntunan cara sholat yang benar, puasa yang benar dan ibadah-ibadah yang lain. “Namun perlu kita ketahui bahwa ilmu akan bermanfaat jika disertai dengan adab,

Abu Zakariya Yahya bin Muhammad Al-Anbariy rahimahullaah ta’aalaberkata: “Ilmu tanpa adab bagaikan api tanpa kayu dan adab tanpa ilmu bagaikan jasad tanpa ruh.” (Kitab Tadzkiratus Saami wal Mutakallim).

Banyak didapati pada masyarakat sekarang ini mereka yang memiliki ilmu tinggi namun sedikit dalam beradab. Mudah membentak guru dan orang yang lebih tua dari-nya. Ilmu dibuat ajang menyombongkan diri dan saling menjatuhkan dengan tujuan pencitraan di hadapan manusia, bukan untuk berkompetisi dalam beramal.

Apakah demikian dapat dikatakan ilmu manfaat juga barokah? Tentu tidak. Sehingga penting adanya adab pada pribadi-pribadi penuntut ilmu agama islam

Rasulullah shallallaah ‘alayhi wa sallam mengajarkan sebuah do’a agar Allah menganugerahkan akhlak mulia pada diri setiap hamba-Nya yang bunyi nya sebagai berikut :

“Ya Allah, tunjukilah padaku akhlak yang baik, tidak ada yang dapat menunjukinya kecuali Engkau. Dan palingkanlah kejelekan akhlak dariku, tidak ada yang memalinggkannya kecuali Engkau.” (HR. Muslim).

“Semoga Allah menjadikan kita hamba yang beradab dan berakhlak mulia. Sebab tingginya ilmu merupakan ajang untuk untuk berkompetisi dalam beramal dan mendapat ridha-Nya,

Itulah tadi ulasan dari ilmu , adab hingga iman.
kata lain ADAB/BERADAB adalah : sebuah perilaku/budi pekerti yang santun taat pada aturan dan tidak merugikan orang lain.

Dengan ilmu maka kita seharusnya bisa beradab dengan baik sehingga kita mampu meningkatkan ahklak yang baik demi kesempurnaan iman kita, amin...

Sekian dan sampai episode selanjutnya Asalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh...
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi jasa setting Website / Jasa Pembuatan Website www.jasa-website.web.id semoga bermanfaat , kontak 081399167240

Komputer

+