-->







Iklan

Allah Melihat niat kita Maka penting untuk selalu berniat baik

Jhon Thani
13 October 2021, October 13, 2021 WIB Last Updated 2021-10-13T05:01:26Z
Mulailah dari sekarang melupakan kebiasaan berniat jelek ke sesama umat, kuatkan hati dari bisikan syetan ataupun teman yang belum memahami ahklah islam, dan Mulailah dari sekarang untuk selalu berniat bagi karena dengan diawali berniat baik maka sudah mengandung doa dan sudah mendapatkan pahala dari allah SWT.


pembelajaran berbuat baik untuk ahklak yang baik


Dibawah ini sedikit firman dan dalil tentang pentingnya berniat baik untuk merubah kebiasaan buruk yang menggunung.

Banyak orang yang Untuk berniat baik saja tidak bisa, padahal segala amalan tergantung pada niatnya. Bahkan sekalipun tidak dilakukan, jika sudah pernah terlintas dalam hati untuk melakukan kebaikan tersebut… Maka sudah pasti Allah akan mengganjar kebaikan apa yang sudah diniatkannya itu.


Sabda Nabi Muhamad SAW  (HR. Muslim)
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Sesungguhnya Allah tidak melihat bentuk kamu dan harta kamu, tetapi Dia melihat hati kamu dan amal kamu.” (HR. Muslim)


Hadis (HR. Bukhari dan Muslim)
“Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Lalu, apa yang membuat kita sulit memikirkan niat baik? :
  • karena belum mengetahu ilmu yang dianutnya
  • kurangnya iman kepada allah
  • terbawa emosi hati
  • terbawa lingkungan yang kurang sehat.
  • Terbawa hasrat duniawi dll

Untuk memancing hati supaya hati kita slalu berbuat baik contoh misalnya 
Niatkanlah jika bisa memiliki rumah besar, akan memelihara anak yatim dalam rumah tersebut. Niatkan juga misalnya untuk mengeluarkan zakat sebesar 500 Rupiah setiap tahunnya , supaya semangat dalam mencari penghasilan yang halal dan selalu ingat akan berbuat kebaikan sesama umat.

Allah begitu baik, ketika seorang hamba memiliki niat baik, Allah akan langsung memberikan pahala kebaikan meskipun niat tersebut belum dilaksanakannya. Sementara orang yang berniat buruk tidak akan dinilai sebagai keburukan selama niat buruk tersebut tidak dilakukannya.

Hadis (HR. Bukhari)
“Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla menulis semua kebaikan dan keburukan. Barangsiapa berkeinginan berbuat kebaikan, lalu dia tidak melakukannya, Allah Azza wa Jalla menulis di sisi-Nya pahala satu kebaikan sempurna untuknya. Jika dia berkeinginan berbuat kebaikan, lalu dia melakukannya, Allah menulis pahala sepuluh kebaikan sampai 700 kali, sampai berkali lipat banyaknya. Barangsiapa berkeinginan berbuat keburukan, lalu dia tidak melakukannya, Allah Azza wa Jalla menulis di sisi-Nya pahala satu kebaikan sempurĺna untuknya. Jika dia berkeinginan berbuat keburukan, lalu dia melakukannya, Allah Azza wa Jalla menulis satu keburukan saja.” (HR. Bukhari)

Coba bayangkan seandainya setiap niat buruk yang terbesit di dalam hati langsung Allah catat sebagai keburukan, bukankah buku amalan kita akan dipenuhi dengan catatan keburukan? Namun karena Allah Maha Baik, hanya niat baiklah saja yang langsung dicatat sebagai amal kebaikan, tidak dengan amal keburukan.

Dari hadits di atas tentunya kita dapat semakin memahami bahwa kedudukan niat dalam beribadah atau melakukan amalan apapun menjadi sangat penting. Sebab Allah akan melihat hati seseorang dibandingkan yang lainnya.

Renungan :
Coba kita lihat kembali kebelakang selama ini sudahkah kita membiasakan berniat sebelum melakukan sesuatu hanya untuk Allah semata? Jika sudah, coba kita tambah untuk memperbaiki agar selalu membiasakan untuk berniat baik. Meskipun mungkin kita tengah tersakiti oleh orang lain.
jangan niatkan keburukan bagi orang tersebut karena itu hanyalah bisikan syetan.

Demikian tentang pentingnya berniat baik untuk membersihkan hati/jiwa dari kemungkaran semoga dapat mempertebal keyakinan keimanan dan ketaqwaan kepada ALLAH SWT , AMIN...
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi jasa setting Website / Jasa Pembuatan Website , jasa setting website www.jasa-website.web.id - dan mau berkontribusi , semoga bermanfaat , kontak TLP / WA 081399167240

Komputer

+