Keutamaan sholat wajib 5 waktu pada kesempatan kali ini akan saya bahas lengkap firman dalil dan riwayat dari para sahabat nabi muhamad saw.
Dengan sholat maka kita bisa mencegah perbuatan yang tidak manusiawi , merugikan orang lain dan sebagainya.
Dengan kita aktif melakukan kewajiban sholat 5 waktu maka otomatis akan mampu bertahan/pengereman dari perilaku sifat yang tidak manusiawi egois dan menghalalkan segala cara, karena sholat itu sendiri seharusnya mampu membuat jiwa dari perbuatan keji dan mungkar.
Dalam keutamaan sholat selengkapnya silahkan baca dengan seksama firman dan dalil serta riwayat dari para sahabat rasul muhamad saw di bawah ini :
Dengan kita aktif melakukan kewajiban sholat 5 waktu maka otomatis akan mampu bertahan/pengereman dari perilaku sifat yang tidak manusiawi egois dan menghalalkan segala cara, karena sholat itu sendiri seharusnya mampu membuat jiwa dari perbuatan keji dan mungkar.
Dalam keutamaan sholat selengkapnya silahkan baca dengan seksama firman dan dalil serta riwayat dari para sahabat rasul muhamad saw di bawah ini :
Firman Allah SWT :
َ م ُ ْل ت َ ا آ ُ لوة َّن َّ الص ٰ َ، اِ لوة ِم َّ الص ٰ ِ َق ا َ تٰب و ِ ِ لك ْ ا َ ن ِ م ْ َك لَي اِ َ ي ْحِ ُو ا نـْ ٰه َ ْ تـ ال َ و ْ َشآءِ لفَح ْ ِن ا مَ ى ع ا َ ُ لَم ْ ع َ يـ ُ ، وَالله ُ ر َ الله اَْكبـ ِ ُ ْكر لَذِ َ ، و ْ َكِر ن ُ م َن ْ و ُ . العنكبوت: ٤٥ْ َ صنـَع ت
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Qur'an dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan munkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. [QS. Al-'Ankabuut : 45] َ
َ و ا ِم َّ الصلٰ ِ و ـ ق ِ ـا مّ ً لَف ُ ز َ ـار و ِ َ َفيِ َّ النـه َ ة ِ ـل َ طَـر ْ ي َّ ال َ ، ن ِ ا َّن ٰ ـن ْ الحَ َ س ْ َبن ِ ْ ـذه ُ ي ِت اٰ ّ ِ السي ِت َّ ٰ ، ٰذ ْكر ِ ذ َك ِ ل ٰ ّ لذ ْ ى لِ ِري كِ . هود: ١١٤َ ن
Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat. [QS. Huud : 114]
َ ا ٰ ـم َّ الصـل ِ و ِ ق ْ لُو ُ ـد ِ ة ِس َ ل ْ َّ الشـم كِ ٰلى اِ ْ ـر ُ قـ َ ِ ـل و ْ ي َّ ـق ال ِ َ َ غس ـر اٰ ِ ْ َج الْف ، َن ِ ا َّن 2 ْ ُر قـ اٰ ْ و ُ ان مَ ْشه ِر َ ك َ ْ َج الْف َن ا ً . الاسراء: ٧٨ د
Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh itu disaksikan (oleh malaikat). [QS. Al-Israa' : 78] Hadits-hadits Nabi SAW :
ِ ّ النَِّبي ِن َ ع ٍس َ ن َ ا ْ َ َال: َن صلى الله عليه وسلم ق ُ ع د ْ ب لعَ ْ ا ِ ه ِ ب ُ اسَب ا يحَ ُ َ م ََّوُل ا َ م ْ و َ يـ اَ َّ لصَلا ِ ة امَ َ ي ِ لق ْ َ ْت ا د َ فَس ْن ِ ا َ و ِ ه ِ ل َ عَم ُ ر ِ ائ َ س َ لُح َ ص َ ْت لُح َ ص ْن ِ ا َ ُ، ف ة ِ ه ِ ل َ عَم ُ ر ِ ائ َ س َ د َ . الطبرانى فى الاوسط، فى مجمع الزوائد ٢ ٧ ، :رقم ١٦٠٨َ س ف
Dari Anas, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Amal yang pertama-tama dihisab atas seseorang hamba pada hari qiyamat adalah shalatnya. Maka jika shalatnya baik, baiklah seluruh amalnya dan jika shalatnya rusak, rusaklah seluruh amalnya. [HR. Thabarani di dalam Al-Ausath, dalam Majma'uz Zawaaid juz 2, hal. 7, no. 1608]
َ قَ َال، قَ َال ر ابٍِر َ ج ْ َن الله ع ُل ِ ْ و ُ : اَ َّ لصَلا صلى الله عليه وسلم س ِ نَّة َ اْلج احُ َ ت ْ ف ِ ُ . ة م َّ الصَلا احُ َ ت ْ ف ِ م َ و ُ ء ْ لوُ ُضو ْ ا ِ ٢٧١١ رقم: ، ٤ ة . البيهقى فى شعب الايمان ٣
Dari Jabir, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Kuncinya surga itu adalah shalat. Dan kuncinya shalat itu adalah wudlu". [HR. Baihaqiy, dalam Syu'abul iimaan juz 3, hal. 4, no. 2711. dla’if karena dalam sanadnya ada perawi bernama Abu Yahya Al-Qattaat]
قَ َال ابٍِر َ ج ْ : َن الله ع ُل ِ ْ و ُ س َ : ِس َ َال ر صلى الله عليه وسلم ق ْ ات اْلخَم ِ َ َّ الصلَو ُ َل ث َ م َ ت ْ غ َ يـ ْ ُكم دِ َ ِب اَح لَى vَ َ ع ٍر ْ ار َ غم ٍ َ ج ٍر ْ نـَه ِل َ ث َ َكم ٍ م ْ و َ يـ ُ ُ ك َّل ْه ن ِ م ُ ل
الله َل ِ ْ و ُ س َ ر َ ع ِ سم َ ُ نَّه َ َ ا ة َ ر ْ يـ َ ر ُ ه ِبى َ ا ْ َن صلى الله عليه وسلم ُل ع ْ ُو ق يـ : ا َ ً ر ْ نـَه َّن َ ا ْ لَو ْ ُم ت ْ أَيـ َ َر ا ات ٍ َّ ر َ م َ َ خمْس ٍ م ْ و َ يـ ُ ُ ك َّل ْه ن ِ م ُ ل َسِ ت ْ غ َ يـ ْ ُكم دِ َ اب اَح ِ َ ب ب . ى ِ َ ق ْ بـ َ يـ ْ َل ه ؟ ٌ ء ْ شي َ ِ ه ِ ن َ ر َ د ْ ن ِ م ا ْ الُو : َلا َ ق ٌ ء ْ شي َ ِ ه ِ ن َ ر َ د ْ ن َى مِ ق ْ بـ : َ يـ . َال َ ق َك ِ ٰذل َ ف َ ي ِس ْ ات اْلخَم ِ َ َّ الصلَو ُ َل ث َ م ـ ِ ب و اللهُ ُ ْح م ـ . مسلم ١ :٤٦٢ِ ه َّن اْلخَطَا{َ
Dari Abu Hurairah bahwasanya ia mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Bagaimana pendapat kalian seandainya ada sebuah sungai di depan pintu seseorang diantara kalian, lalu ia mandi di dalamnya sehari lima kali. Apakah masih ada daki (di badannya) sedikitpun ?". Para shahabat menjawab, "Tentu sudah tidak ada dakinya sedikitpun". Beliau bersabda, "Demikian itulah perumpamaan shalat lima (waktu), Allah menghapus dosa-dosa dengannya". [HR. Muslim juz 1, hal. 462, no. 283]
الله َل ِ ْ و ُ س َ ر َّن َ َ ا ة َ ر ْ يـ َ ر ُ ه ِبى َ ا ْ َن صلى الله عليه وسلم ُل ع ْ ُو ق َ ان يـ ات : َك َ ُ َ َ َّ لصلَو ا ِ ّ َكف ُ ان م َ َض َ م َ ر َلى ان اِ َ َض ُ م َ ر َ و ِ ة َ ع ُ م ُ َلى اْلج اِ ُ ة َ ع ُ م ُ ْلج ا َ و ُ ْس ا ا ْلخَم َ ات م ٌ َ ر َ ر ِ ائ َ اْ َ لكب َ َب ن َ تـ ا اجْ َذ ، اِ َّن ُ نـَه ْ يـ َ بـ . مسلم ١ :٢٠٩
Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Shalat lima waktu dan shalat Jum'at hingga Jum'at berikutnya dan Ramadlan hingga Ramadlan berikutnya sebagai penebus dosa-dosa yang terjadi antara waktu itu, apabila ia menjauhi dosa-dosa besar". [HR. Muslim juz 1, hal. 209, no. 16]
َ ا ْ َن الله ع َل ِ ْ و ُ س َ ر َّن َ َ ا ة َ ر ْ يـ َ ر ه صلى الله عليه وسلم ُ : َ َال ِبى ق َ َّ لصَلا ا ُ ْس ُ اْلخَم ة 4 َ ا ل َ ، م َّن ُ نـَه ْ يـ ا بـَ َ م ِ ةٌ ل َ كَّفارَ ِ ة َ ع ُ م ُ َلى اْلج اِ ُ ة َ ع ُ م ُ ْلج ا َ و ـ ُ ر ِ ائ َ َش اْ َ لكب ْ تـُغ ْ . م ٢٠٩ :١ مسلم
Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Shalat lima waktu dan shalat Jum'at hingga Jum'at berikutnya sebagai penebus dosa-dosa yang terjadi antara waktu itu, selama tidak dilakukan dosa-dosa besar". [HR. Muslim juz 1, hal. 209, no. 14]
ان قَ َال َ َّف َ ع ِن ْ ان ب َ َ ْم ث ُ ع ْ : َن الله ع َل ِ ْ و ُ س َ ر ْ ُت ع صلى الله عليه وسلم ِ ُل َسم ْ ُو ق يـ : ا َ َ م ِرٍئ امْ ِن م َلا ِ َ ص ُ ه ُ ٍم َ تحْ ُضر ِ ل ْ ا ُس م َ ه َ ء ْ وُ ُضو ُ ن ْسِ ُح ي َ فـ ٌ ة َ ب ْ ْكتـُو َ م ةٌ َّلا ا اِ َ ه َ ع ْ ُكو ُ ر ا وَ َ ه َ ع ْ ُ ُشو َخ و ِب ْ الذنـُو ُّ َ ن ِ ا م َ لَه ْ بـ َ ا قـ َ م ِ ً ل ة َ كانَ ْت َ كَّفارَ َ ا ل َ ـم ُ ُ كلَّه َ ر ْ َك َّ الده ِ ٰذل َ ً، و ة َ ر ْ يـ ِ ِت َ كب ْ ؤ ُ يـ ْ ٢٠٦ :١ مسلم. م
Dari 'Utsman bin 'Affan, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Tiada seorang muslim yang menghadapi shalat wajib, lalu menyempurnakan wudlunya, khusyu'nya serta ruku'nya, melainkan yang demikian itu menjadi penebus dosa yang terjadi sebelumnya, selama ia tidak melakukan dosa-dosa besar. Dan itu (berlaku) untuk selamanya". [HR. Muslim juz 1, hal. 206, no. 7]
ان قَ َال َ َّف َ ع ِن ْ ان ب َ َ ْم ث ُ ع ْ : َن الله ع َل ِ ْ و ُ س َ ر ْ ُت ع صلى الله عليه وسلم ِ ُل َسم ْ ُو ق يـ : َ ْ ن َ م َّ لصَلا ِ َّضأَ ل َ َو ُ تـ ث َ ء ْ لوُ ُضو ْ ا َ غ َ ب ْ َس ا َ ف ِ َّ الصَلا ة ـ َ لى َّ مَ َشى اِ ْ ال م ِ ة ِ ة َ ب ْ ْكتـُو َ م َّلا َ َص ْ ال فى ف ِ ْ اَو ِ ة اعَ َ م َ اْلج َ ع َ م ْ النَّ ِ اس اَو َ ع ا مَ َ ه ُ لَه اللهُ َ َر َ غف دِ ْجِ َس م ُ ه َ ب ْ ذُ . مسلم ١ :٢٠٨ نـُو
Dari 'Utsman bin 'Affan, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa berwudlu untuk shalat, lalu menyempurnakan 5 wudlunya, kemudian ia berangkat ke masjid untuk menunaikan shalat wajib bersama orang banyak, atau berjama'ah, atau di masjid, niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya". [HR. Muslim juz 1, hal. 208, no. 13]
الله َل ِ ْ ـو ُ س َ ر َّن َ ا َ ـر َ ِ ـن عُم ْ الله ب دِ ِ ْ ب َ ع ْ َ َ ـال: َ ـلا َن صلى الله عليه وسلم ق ع ـة َ ِ اع َ ص َ م َ ُ اْلج ة َلا َ ص ُ ْ ُضل تـَف لفَ ّذِ ْ َ ا ً ة ة َ َج ر َ د َ ْن ْشِري عِ َ و ٍع ْ ب َ ب . البخارى ١ : ١٥٨ِ س
Dari ‘Abdullah bin Umar, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Shalat berjama'ah itu lebih utama dari pada shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat". [HR. Bukhari juz 1, hal. 158]
ِ ّ النَِّبي ِن َ ع َ ر َ عُم ِن ابْ ِن َ َ َال: َلا ق صلى الله عليه وسلم ع َ ْ فى ا ُ ص ِل ِ ُ الرَّج ة ِ ة اعَ َ م َ لج َلا َ لَى ص َ ع ُ د ْ ِزي َ ت َ ْن ْشِري عِ ا وَ ً ع ْ بـ َ س ُ ه َ د ْ وَح ِ ه ِ ٤٥١ :١ مسلم. ت
Dari Ibnu 'Umar, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Shalat seseorang dengan berjama'ah lebih utama daripada shalatnya sendirian dengan dua puluh tujuh derajat". [HR. Muslim juz 1, hal. 451, no. 250]
َ قَ َال ة َ ر ْ يـ َ ر ُ ه ِبى َ ا ْ : َن الله ع ُل ِ ْ و ُ س َ : ثُ َ َال ر صلى الله عليه وسلم ق ِ ه ِ ت ْ ي َ فى بـ ِ َ تَطََّهر ْ ن َ ـ َّ م م الله ِض ِ ِ ائ َ ـر َ فـ ْ ـن ِ م ً ْ َضـة ِري َ ف َ ِضـي ْ ق َ يـ ِ الله ل ِت ِ ْ ـو ُ يـ ُ بـ ْ ـن ِ م ٍت ْ ي َ بـ َ لى َ َشى اِ م ـرَى ْ ْلاُخ ا َ و ً ـة َ ئ ْ يـ ـط خَطِ ُّ َ ا تحُ ـدَ ُ اهمَ ْ ح اِ ُ ه َ è َ ـت خَطْـو انَ ْ ـة َك ً َ َج ر َ د ُ ـع َ ف ْ تـ . َر ٤٦٢ : ١ مسلم
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa bersuci (berwudlu) di rumahnya, kemudian ia berjalan ke suatu masjid diantara masjid-masjid Allah untuk melaksanakan kewajiban diantara kewajiban-kewajibannya kepada Allah, maka setiap dua langkahnya adalah yang satu menghapus kesalahan, dan yang lain mengangkat derajat". [HR. Muslim juz 1, hal. 462, no. 282]
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Shalatnya
seseorang dengan berjama'ah (di masjid) itu berlipat ganda (pahalanya)
dengan dua puluh lima kali lipat dari pada shalatnya di rumah dan di
pasar. Yang demikian itu karena apabila dia berwudlu dan memperbagus
wudlunya, kemudian berangkat ke masjid yang mana tidak ada yang
menggerakkannya untuk berangkat ke masjid itu kecuali (untuk) shalat,
maka tidaklah dia melangkahkan kakinya satu langkah, kecuali
dengannya diangkat satu derajat untuknya dan dihapuslah dengannya
satu kesalahannya. Dan apabila dia telah shalat, para malaikat terusmenerus mendoakannya selama dia masih berada di tempat shalatnya
(dan selama belum bathal wudlunya)”. Malaikat mengucapkan
"Alloohumma shalli 'alaih, Alloohummar-hamhu" (Ya Allah, berilah
berkah kepadanya, Ya Allah, berilah rahmat kepadanya). Dan senantiasa
dia dianggap shalat selama dia menunggu (untuk) shalat". [HR. Bukhari
juz 1, hal. 158].
Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Senantiasa
seorang hamba terhitung shalat selama dia berada di tempat shalatnya
untuk menunggu datangnya waktu shalat wajib. Dan malaikat mendoakan
Alloohummaghfir lahu, Alloohummar hamhu. (Ya Allah berilah ampun
kepadanya, ya Allah berilah rahmat kepadanya)”. Yang demikian itu
hingga dia berpaling atau dia berhadats”. Aku (Abu Rafi’) bertanya, “Apa
yang dimaksud berhadats itu ?”. (Abu Hurairah) menjawab, “Kentut yang
tidak berbunyi, maupun yang berbunyi”. [HR. Muslim juz 1, hal. 459. No.
274].
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Telah datang kepada Nabi SAW seorang
buta (Abdullah bin Umi Maktum) lalu ia berkata, "Ya Rasulullah !
Sesungguhnya saya tidak mempunyai penuntun yang menuntun saya ke
masjid". Kemudian dia meminta kepada Rasulullah SAW supaya
memberi kelonggaran baginya untuk shalat di rumah. Maka beliau
8
memberi kelonggaran baginya. Tetapi setelah ia berpaling hendak pergi,
beliau memanggilnya dan bertanya, "Apakah engkau mendengar adzan
untuk shalat ?". Ia menjawab, "Ya". Beliau bersabda, "Bila demikian,
hendaklah engkau datang". [HR. Muslim juz 1 : 452, no. 255]
َ
ر
َّن
َ
َ ا
ة
َ
ر
ْ
يـ
َ
ر
ُ
ه
ِبى
َ
ا
ْ
َن
الله ع
َل ِ
ْ
و
ُ
ْد
َق
َ
َ َال: ل
ق
صلى الله عليه وسلم
س
ِ
ه
دِ
َ
ي
ِ
ب
ْ
ي
ْسِ
نـَف
ْ
ي
الَّذِ
َ
، ثُــ و
َ
ْطَــب
ُح
ي
َ
ــب فـ
ٍ
َطَ
ِ
بح
َ
ــر
آمُ
ــت اَ ْن
ُ ْ
َم
َهم
v َّ لص َ ــلا ـ
ِ
َ
ــر
َّ آمُ
م
َن
ذَّ
َ
ــؤ
ُ
يـ
َ
فـ
ِ
ة
ُ
ـلَ ا، ث
ً ـلا َ
ه ـ
ُ
رَج
َ
ـر
ثـُ َّ آمُ
م
النَّـاسَ
َّم
ُ
ـؤ
َ
يـ
َ
فـ ـ ِ
ّ
ر
َ
ـأُح
َ
ـال ف
ٍ
َ
رج
ِ
َ
لى
َف اِ
ِ
ـال
َ
َّ اُخ
م
ـ َق
َ
ت
ْ
و
ُ
يـ
ُ
بـ
ْ
ِهم
ْ
لَـي
َ
ع ـ
ْ
م
ُ
.
ه
َ
ـدُ و
ِ
نَّـهُ َ يج
َ
ا
ْ
م
ُ
ـدُه
َ
اَح
ُ
لَـم
ْ
ع
َ
يـ
ْ
لَـو
ِ
ه
ِ
ـد
َ
ي
ـى بِ
ْسِ
نـَف
ْ
ي
ِ
ـذ
َّ
ال
َشــاءَ
ِ
لع
ْ
ا
َ
ــهد
َش ِ
َ
ل
تـَ ْينِ
َ
ــنـ
َ
حَس
ــاتـَْينِ
َ
م
ْ
ر
ِ
م
ْ
ــا اَو
ً
ن
ْ
يـ
ِ
ــا سم
َ ً
ق
ْ
ر
َ
. البخــارى ١ :
ع
١٥٨
Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Demi Tuhan
yang diriku di tangan-Nya, sungguh aku berkehendak memerintahkan
(orang-orang mengumpulkan) kayu bakar, setelah terkumpul kemudian
aku memerintahkan untuk adzan shalat, lalu aku menunjuk seorang untuk
mengimami orang banyak, lalu aku pergi kepada orang-orang (yang tidak
hadir dalam shalat berjamaah), kemudian aku bakar rumah-rumah
mereka bersama yang ada di dalam. Dan demi Tuhan yang diriku di
tangan-Nya, seandainya jika seseorang dari mereka mengetahui bahwa
ia akan mendapat tulang yang berdaging gemuk atau daging pada dua
rusuk yang baik, niscaya ia hadir pada shalat 'Isyak (berjamaah)". [HR.
Bukhari juz 1, hal. 158]
Dari 'Utsman bin ‘Affan, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda,
"Barangsiapa yang datang shalat 'Isyak berjama'ah, maka dia
mendapatkan pahala (seperti) shalat setengah malam, dan barangsiapa
yang shalat 'Isyak dan Shubuh berjama'ah, maka dia mendapatkan
pahala seperti shalat satu malam penuh". [HR. Abu Dawud juz 1, hal.
152, no. 555]
ٍ
د
ْ
و
ُ
ع
ْ
مَس
ِن
ابْ
ِن
َ
ع
ُ
ْه
ن
َ
ع
اللهُ
َ
ِضي
َ
ر ًلا
ُ
رَج
َّن
َ
ا
ً
لَة
ْ
بـ
ُ
قـ
ٍ
أَة
َ
ر
امْ
ِن
ِ
اب م
َ َ
اَص
الله
َل ِ
ْ
و
ُ
س
َ
َى ر
َت
ا
صلى الله عليه وسلم َ
ف
َ
ََذَكر
ف
ُ
َك لَه
ِ
. ل
ٰذ
ِ
ه
ْ
لَي
َ
ع
ْت
ِزلَ
ْ
ُن
ا
: ِم َ
ف
ِ
َق
ا
َ
و
ِ
لًَفا مّ
ُ
ز
َ
ار و
ِ
َ
َِفي َّ النـه
َ
َوة طَر
ٰ
َْبن َّ الصل
ِ
ه
ْذ
ُ
ي
ِت
ٰن
َ
َس
َّن اْلح
، اِ
ِل
ْ
ي
َّ
ال
َ
ن
ِ
ّ
. ِت َّ السي
ٰا
ٰ
ّلذ
ْكٰرى لِ
ِ
ذ
َك
ِ
ٰذل
َ
ْن
ِري
ِ
.
ك
ُ
ل
ُ
: ؟ َ َال الرَّج
ق
ِ
ه
ِلى ٰ هذِ
َ
ا
: َ َال
ق
ِ
ب
َ
ل
عَمِ
ْ
ن
َ
م
اَُّم ل ـ ِتى ِ
ْ
ن
ِ
ا م
َ
٢١٤ :
. البخارى ٥
ه
Dari Ibnu Mas'ud RA, ia berkata : Pernah terjadi seorang laki-laki
mencium perempuan, lalu ia datang kepada Rasulullah SAW lalu
menceritakan hal itu kepada beliau. Lalu diturunkan ayat (tentang itu) :
Aqimish sholaata thorofayin nahaari wa zulafam minal lail, innal
hasanaati yudzhibnas sayyi-aat dzaalika dzikraa lidzdzaakiriin
(Tegakkanlah shalat pada pagi dan sore, dan pada bagian permulaan
waktu malam. Sesungguhnya kebaikan itu dapat menghapus dosa-dosa.
Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat. QS. Huud : 114).
Kemudian orang itu bertanya, "Apakah ayat ini khusus untukku ?". Nabi
SAW bersabda, "Untuk siapa saja yang mengerjakan perbuatan seperti
itu dari ummatku". [HR. Bukhari juz 5, hal. 214]
Dari Abdullah (bin Mas'ud), ia berkata : Ada seorang laki-laki menemui
Nabi SAW lalu berkata, "Ya Rasulullah, sesungguhnya saya telah
bersenang-senang dengan seorang perempuan di ujung kota. Saya telah
melakukan apasaja terhadapnya, namun saya tidak sampai
menyetubuhinya. Maka sekarang inilah saya, berilah keputusan kepada
saya menurut apa yang engkau kehendaki". Kemudian 'Umar (bin
Khaththab) berkata kepadanya, "Sungguh Allah telah menutupimu,
seandainya kamu menutupi dirimu". (Ibnu Mas'ud) berkata : Nabi SAW
sedikitpun tidak menanggapinya. Maka orang laki-laki itu bangkit berdiri,
lalu pergi. Kemudian Nabi SAW menyuruh seseorang untuk
memanggilnya, lalu beliau membacakan ayat ini kepadanya "aqimish
sholaata thorofayin nahaari wa zulafam minal laili, innal hasanaati
yudhibnas sayyiaat, dzaalika dzikroo lidz-dzaakiriin" (Dan dirikanlah
shalat pada kedua tepi siang dan pada bahagian daripada malam.
Sesungguhnya perbuatan yang baik menghapuskan (dosa) perbuatan
yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat). [QS Huud :114].
Kemudian ada seorang laki-laki dari suatu kaum bertanya, "Ya
Nabiyyullah, apakah hal ini khusus hanya untuk dia saja ?". Nabi SAW
menjawab, "'Bahkan untuk manusia seluruhnya". [HR. Muslim juz 4, hal.
2116]
َ قَ َ ـال
ة
َ
ـر
ْ
يـ
َ
ر
ُ
ه
ِبى
َ
ا
ْ
ـن
َ
:
الله ع
ُل ِ
ْ
ـو
ُ
س
َ
: َ َ ـال ر
صلى الله عليه وسلم
ق
َ
ـن
َ
ْس
أَح
َ
َّضـأَ ف
َ
تـَو
ْ
ـن
َ
ثُـ م
ُ
ه
َ
ء
ْ
ُ ُضـو
َّ
و ـ ـل
َ
ـد ص
ْ َ
ق
النَّـاسَ
َ
ـد
َ
ج
َ
فـَو
احَ
َ
م َّ ـز َّ ر
َ
ع
َ
ـل و
َ َّ
ج
اللهُ
ْطَـاهُ
ا، اَع
ْ
و
َّ ـلا
َ
ص
ْ
ـن
َ
ـر م
ِ
ْ
اَج
ـلَ
ْ
ث
ِ
م َ ا لا
َ
ه
َ
َ َضـر
ا وَح
ه ٰ ذ َ
ُص
ُ
ـنـْق
َ
يـ
ْ
م
ِ
ـره
ِ
ْ
اَج
ْ
ـن
ِ
ـك م
َ
ِ
ل
ْ
يـ
اش ً
َ
. ابو داود ١ : ١٥٤ ،رقم: ٥٦٤
ئ
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa
yang berwudlu dan memperbagus wudlunya, kemudian dia pergi (ke
masjid), tiba-tiba dia mendapati orang-orang telah selesai shalat, maka
Allah Jalla wa ‘Azza tetap memberinya pahala seperti pahalanya orang
yang sudah shalat berjamaah itu, dan dia mendatanginya itu (pahalanya)
tidak berkurang sedikitpun dari pahala mereka”. [HR. Abu Dawud juz 1,
hal. 154, no. 564]
ِ
ّ
َ
اُبي
ْ
قَ َ ـال َن
ع ٍب
ْ
ِن َ كع
ْ
الله ب :
ُل ِ
ْ
ـو
ُ
س
ـا رَ
َ
ن
ـلَّى بِ
صلى الله عليه وسلم َ
َ ص
ُّ ـا الصـبْح
ً
م
ْ
و
َ
يـ
َ َال
فـ : َق
فَُلا
ٌد
ِ
َ َشاه
ا ا
ْ
الُو
؟ قَ
: َ : َ . لا َال ٌن
ق
فَُلا
ٌد
ِ
َ َشاه
ا ا
ْ
الُو
؟ قَ
: َ . لا ٌن
: َ َ ــال
ق
ــاتـَْينِ
َ
ه
َّن
ِ
َّ الص َ ــلا لَــى الْ ا
َ
ات ع
ِ
َ
َّ الصــلَو
ــلُ
َ
اَْثـق
تـَْينِ
ْ َين
ِ
ق
ِ
ــاف
َ
ن
ُ
.
م
َ ا لاَ
َ
ِهم
ْ
ي
ِ
ا ف
َ
م
َن
ْ
و
ُ
لَم
ْ
تـَع
ْ
لَو
َ
و َّن
ِ
ا
َ
ـب، و
لَى الرَُّك ِ
ا عَ
ً
و
ْ
بـ
َ
ح
ْ
لَو
ا، وَ
َ
ُهم
ْ
و
ُ
ُم
ت
ْ
يـ
َ
تـ
ْ
ــف ال
ّ َ
ِ ــل ص
ْ
ث
لَــى مِ
َ
ع
َّ الص َّ ــف ا َلا ْلاََّوَل
ــا َ
م
َ
م
ْ
ــتُم
ْ
م
ِ
ل
َ
ع
ْ
لَــو
َ
، و
ِ
َكــة
ِ
ئ
َ لا
ُ
ه
ُ
لَت
ْ
ِضـيـ
َ
ف
ْ
َر
َد
ت
بـ ـ ْ
ُ
َ ـلا ـت
َ
ص
َّن
ِ
ا
َ
، و
ُ
ه
ْ
و
ُ
م
ْ
ـن
ِ ـل اَْزَكـى مِ
ُ
الرَّج
َ
ـع
َ
ِ ـل م
ُ
َ الرَّج
ة
12
َ ــلا
َ ص َ ــلا َ
، وَص
ُ
ه
َ
ــد
ْ
وَح
ِ
ه
ِ
ت
َ
ــع
َ
م
ِ
ه
ِ
ت
ــلاَ
َ
ص
ْ
ــن
اَْزَكــى مِ
ْينِ
لَ
ُ
الــرَّج
َ
ــع
َ
م
ُ
ُه
ت
ِ ـل
ُ
الر . َ ـالى َّج
َ
الله تـَع
ِ
َ
لى
ـب اِ
ُّ
َ
اَح
َ
ـو
ُ
فـَه
َ
ـر
ُ
ـا كثـ
َ
َ
م
َ
. ابـو داود ١ :١٥١ ،
و
رقم: ٥٥٤
Dari Ubaiy bin Ka'ab, ia berkata : Pada suatu hari Rasulullah SAW
mengimami kami shalat Shubuh. (Setelah selesai shalat), beliau bertanya
kepada kami, "Apakah si fulan ada ?" Para shahabat menjawab, "Tidak
ada !" Rasulullah SAW bertanya lagi. "Apakah si fulan ada ?". Para
shahabat menjawab, "Tidak ada !". Rasulullah SAW bersabda,
“Sesungguhnya dua shalat ini (‘Isyak dan Shubuh) adalah seberat-berat
shalat bagi orang-orang munafiq. Dan seandainya kalian mengetahui
kebaikan yang ada pada dua shalat ini (‘Isyak dan Shubuh), sungguh
kalian akan mendatanginya walaupun merangkak dengan lutut. Dan
sesungguhnya shaff yang pertama adalah seperti shaffnya malaikat, dan
seandainya kalian mengetahui kelebihannya, sungguh kalian akan saling
memperebutkannya. Dan sesungguhnya shalatnya seseorang berjamaah
dengan satu orang itu lebih baik dan lebih bersih dari pada shalatnya
sendirian, dan shalat berjama'ah dengan dua orang itu lebih baik dan
lebih bersih dari pada shalat berjamaah dengan satu orang, dan setiap
yang lebih banyak pesertanya maka itu lebih dicintai oleh Allah Ta’aalaa".
[HR. Abu Dawud juz 1, hal. 151, no. 554]
Demikian kajian tentang keutamaan sholat bagi umat muslim di dunia ini semoga kita semua bisa merubah diri masing-masing dari sifat-sifat yang tidak terpuji,merugikan orang lain dan sifat adu domba.
wasalam sampai ketemu di kajian yang lain...
Demikian kajian tentang keutamaan sholat bagi umat muslim di dunia ini semoga kita semua bisa merubah diri masing-masing dari sifat-sifat yang tidak terpuji,merugikan orang lain dan sifat adu domba.
Orang yang beriman seharusnya mampu menjadi tonggak kebenaran dalam lingkungan/dalam kekuasaanya.