-->






Iklan

Memberi makanan dan merawat hewan akan dapat pahala

Memberi makanan dan merawat hewan akan dapat pahala , Pahala Besar Berbuat Baik Pada Binatang.
Jangan sia-siakan hewan dan tumbuh-tumbuhan karena hewan dan tumbuhan itu juga mahkluk nya tuhan, oleh karena itu jika anda mempunyai hewan peliharaan maka rawatlah dengan sebaik mungkin karena dengan anda memberi makanan dan merawat hewan peliharaan andapun mendapatkan pahala dari allah swt.

merawat hewan pahalanya besar

Di bawah nanti akan di jelaskan beberapa dalil quran yang memuat akan pahala besar memberi makan dan merawat hewan, oleh arena itu bagi umat islam terutama akan bisa menambah keyakinan dalam melakukan cinta kasih ke sesama umat dan kesesama makluk yang ada di dunia ini.

“Bertakwalah kalian kepada Allah pada binatang-binatang ternak yang tak bisa berbicara ini. Tunggangilah ia dengan baik-baik, makanilah pula dengan cara yang baik.” (HR. Abu Daud no. 2548)

Berbuat baik kepada hewan dan tumbuhan bukanlah sesuatu yang sia-sia.
Dalam sebuah hadits bahkan disebutkan bahwa jika ada binatang turut serta memakan buah atau tanaman yang kita makan, maka kita turut memperoleh pahala sedekah.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

“Pada setiap sedekah terhadap mahluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan dapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah.” (Bukhari, Muslim)

Jadi jangan suka marah ya kalau ada misalkan burung, kambing atau binatang lainnya memakan rumput atau buah-buahan di kebun kita. Karena secara tidak langsung kita juga bisa bersedekah dengan hal itu. Tinggal bagaimana kita meniatkannya saja

ini berlaku juga bagi orang yang memang sengaja memelihara hewan atau mungkin mengoleksi tanaman tertentu. Jangan sampai dzalim terhadap mereka. Jangan lupa penuhi hak-hak mereka. Jangan sampai kita jadi orang yang dzalim karena membiarkan peliharaan kita mati begitu saja karena kelalaian kita.

Ada kisah menarik juga terkait berbuat baik terhadap binatang yang dialami oleh Rasulullah.
Suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki sebuah pagar kebun yang dimiliki oleh seorang Anshar. Di dalam kebun tersebut terdapat unta yang tengah melihat Rasulullah sembari merintih dan berlinang air mata.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatanginya, lalu beliau mengusap puncak punggungnya, yaitu punuknya dan tengkuknya. Setelah itu unta itu pun diam (tenang). Kemudian beliau berkata, “Siapakah pemilik unta ini? Milik siapa unta ini?” Lalu datanglah seorang pemuda Anshar, kemudian berkata, “Unta ini milikku, wahai Rasulullah.”

Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apakah engkau tidak bertakwa pada Allah terhadap binatang ini yang telah Allah jadikan sebagai milikmu? Unta ini mengaku kepadaku bahwa engkau membiarkannya lapar dan membuatnya kelelahan.” (HR. Muslim)

Jadi kalau sudah niat memelihara hewan maka beri makanan dan minuman yang selayaknya untuk hewan peliharaanmu.(jangan malah di telantarkan)

Selain Rasulullah, para Sahabat untuk terbiasa memperlakukan binatang tunggangan mereka secara baik sebagaimana Rasulullah. Mereka bahkan mengutamakan untuk menyamankan hewan tunggangan mereka dulu sebelum melakukan shalat sunnah.

“Kami pernah ketika singgah di suatu tempat, kami tidak bertasbih -yaitu tidak melaksanakan shalat sunnah terlebih dulu- sehingga kami menurunkan beban-beban dari punggung binatang tunggangan.” (HR. Abu Daud no. 2551 dan Ahmad 3: 29. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Imam Nawawi menjelaskan hadits ini dalam Riyadhus Sholihin bahwa meskipun para sahabat begitu semangat untuk melaksanakan shalat sunnah, mereka tetap mendahulukan barang dari punggung hewan tunggangan dan mengistirahatkan hewan tersebut.

Demikianlah pentingnya ilmu/tuntunan dalam melakukan ibadah-ibadah sehingga dengan hewan dan tumbuhan saja kita bisa melakukan dengan baik dan benar karena memelihara dan merawat binatang akan mendapatkan pahala yang besar.

Catatan allah swt saja memberikan pahala jika kita memberi makan kepada hewan/binatang apa lagi kita bisa berbuat baik tidak menyakiti sesama manusia tentunya akan sangat lebih mulia kita di hadapan ALLAH SWT.
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi jasa setting Website / Jasa Pembuatan Website www.jasa-website.web.id semoga bermanfaat , kontak 081399167240

Komputer

+